Minggu, 10 Juli 2011

BMT MMU CAPEM GRATI

BMT-MMU CAPEM GRATI merupakan koperasi pelayanan masyarakat mikro syari’ah salah satu cabang dari BMT-MMU Jawa Timur yang berkantor pusat di desa Sidogiri, bermacam-macam strategi yang dialaminya selama ini mulai dari paradigma, persaingan, dan produk.

PARADIGMA

Perkiraan Tanggal 06 Maret 2000 BMT-MMU CAPEM GRATI di resmikan oleh segenap pengurus dan manager BMT-MMU Pusat di desa Trewung Grati Pasuruan, dalam kalangan masyarakat yang waktu itu masih banyak Lintah darat ( Retennir ) yang masuk di pasar-pasar. Yang mana di daerah tersebut masih banyak anggapan mirirng ”bahwa BMT sama saja dengan yang Lintah darat, sama bersarung dan bersongkok tapi hatinya mencekik rakyat lemah” kata mereka. Dari sinilah kami karyawan BMT-MMU Capem Grati memberi pemahaman kepada mereka kalau lembaga kami tidak sama dengannya baik dari karakter, sistem dan kepengurusan. memberikan image dan penilaian tersendiri yang menjadikan BMT-MMU Capem Grati benar-benar bersih dari anggapan mereka sebelumnya.

Disamping berbaur dengan masyarakat konserfatif, bersandingan dengan kalangan nasionalis-modernis merupakan tantangan BMT-MMU Capem Grati. Banyak anggapan-anggapan yang menyengat telinga, ”kalau namanya lembaga keuangan tidak pantas di kelola oleh orang bersongkok, bersarung, bersandal jepit, berpenampilan desit dan ber-ber yang lain”, menurut mereka. Maklum desa Trewung (kalau menayang sejarah red.) adalah bekas komunitas penjajah belanda yang sampai sekarang masih di duduki oleh para elit dan priyai. Tak lain juga dari kalangan perumahan yang acuh tak acuh antara tetangga. Mereka beragumentasi bahwa ”sangat tidak pantas sekali kalau menabung atau meminjam di lembaga yang dianggap sebagai lembaga kecil” menurut pemikiran mereka. Dari dua sudut pandang yang ekstrem inilah mengakibatkan kami karyawan BMT-MMU Capem Grati lebih termotifasi dan bersemangat untuk membesarkan nama BMT-MMU. dengan kesabaran dan keuletan, hingga sampai sekarang kami mempunyai nasabah kurang lebih 4010 nasabah atas perjuangan dan kerja keras.

PERSAINGAN

Menanamkan kepercayaan kepada orang memang sangat sulit, kalau saja BMT-MMU Capem Grati tidak dibelakang nama besar Pondok Pesantren Sidogiri beserta para alumninya mungkin tidak akan eksis sampai sekarang. Dari berbagai banyak lembaga keuangan mulai dari BRI, Bank Danamon, Koperasi Artha Mandiri,Koperasi Sopo Nyono, Koperasi Citra Abadi dan Kosipa (rentenir), hanya koperasi BMT-MMU Capem Grati yang meng-implentasikan transaksi-transaksi syari’ah. Kalau mereka hanya profit saja sebagai tujuan utama tapi kami lebih mengedepankan tolong menolong dan memberi solusi untuk kesejahteraan bersama. Pelayanan dengan mengunakan etika dan merebut konsumen dengan hati merupakan komitmen kami, karena membawa jati diri seorang santri dan nama lembaga yang dibebankannya.

PRODUK

Koperasi sebagai badan usaha non-profit harus mempersiapkan strategi usaha yang tidak hanya berorientasi pada maksimalisasi pelayanan dan kemakmuran bagi anggotanya saja tetapi koperasi juga harus mulai menata usahanya baik dalam hal efisiensi, pembangunan akses pasar baru serta berinovasi yang memberikan nilai tambah kegunaan yang lebih tinggi. Koperasi harus mampu menggerakkan marketing sinergi untuk meningkatkan produktivitas dan membuka bidang usaha strategis yang memiliki asas manfaat lebih tinggi untuk kebutuhan anggota dan masyarakat.

Pelayanan Koperasi BMT MMU Capem Grati bukan hanya simpan pinjam syari’ah, lebih dari itu memberi pelayanan jasa pada anggota dan masyarakat di antaranya:

• Tabungan Syariah

• Deposito Syariah

• Tabungan Haji Syariah

• Tabungan Qurban/ Aqiqah

• Tabungan Ziarah/ Wisata

• Pembiayaan Mudharabah/ Qiradh (Kerjasama Mitra Usaha dan Investasi)

• Pembiayaan Murabahah (Jual Beli dengan menyatakan Harga Perolehan)

• Pembiayaan Bai’ bisamanil ’ajil (Jual Beli dengan pembayaran diangsur)

• Pembiayaan Musyarakah (Kerjasama Modal Usaha)

• Pembiayaan Qardh (Pinjaman Kebijakan)

• Pembiayaan Pertanian

• Dana Talangan Haji

• Gadai Emas Syariah

• Pembayaran Listrik pasca bayar, Listrik Prabayar, telepon, speedy, pasca bayar flexi, halo dan matrix, kartu kredit, FIF , WOM , OTO dan Voucer pulsa All Operator

Tidak hanya sebatas pada itu saja tapi masih membutuhkan inovasi-inovasi terbaru menurut tuntutan zaman. Pelayanan kepada masyarakat menjadi peran terdepan bagi kami. Tidak memandang kelas atas, menengah dan bawah semuanya sama, tidak ada prioritas antara satunya. Karena memang itulah prinsip kami, prinsip syari’ah.





bmtmmu-gratiwidgetPasuruanMyFlashFetish.com.


KALKULATOR KREDIT

2 komentar:

  1. bmt mmu capem lawang malang sekarang juga mulai bangkit kok n akn mengalahkan yang lain x

    BalasHapus